TUGAS SOFTSKILL 3 IBD

TUGAS II TULISAN BEBAS

Buatlah tulisan bebas/menjawab pertanyaan – pertanyaan ini :

1.      Jelaskan bagaimana makna dan pandangan hidup anda !
Jawab :

Menurut saya pandangan hidup adalah kemana kita akan mengarahkan kedepannya hidup kita, apa yang akan kita jadikan pedoman dalam menjalani hidup kita, dan apa yang akan kita lakukan kedepannya.

Pandangan hidup saya adalah apa yang saya lakukan hari ini, haruslah lebih baik dari hari kemarin. Dan usaha kita menentukan kemana arah keberhasilan kita nantinya.

2.      Siapakah tokoh teladan anda dan mengapa memilih ia ?
Jawab :

Tokoh teladan dalam hidup saya yang pertama adalah Rasulullah SAW. Karena beliau adalah suri tauladan bagi semua umat muslim. Kebaikannya, ketulusannya, sikap dan perilakunya begitu indah dimata Allah dan sesama manusia.


            Tokoh teladan yang saya yang kedua adalah orang tua saya. Tanpa adanya mereka saya tidak mungkin ada didunia ini, jika bukan karena semangatnya dalam mendidik dan membesarkan saya, saya tidak akan menjadi seperti saat ini, dan saya tidak akan seberuntung saat ini yang bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Sikap mereka, usaha, dan perjuangan merekalah yang saya jadikan teladan untuk penyemangat hidup saya. Karena mereka, saya berjuang untuk membahagiakannya dan menjadi yang terbaik. Karena mereka mengajarkan banyak hal dalam hidup saya.

3.      Jelaskan menurut anda :
a.  Orang yang “kaya” dan orang yang “miskin”
b.  Orang yang baik yang bagaimana?
c.   Orang yang “beruntung” dan orang yang “merugi”
d.  Apa makna “sukses”
e.  Menjadi wirausaha atau menjadi PNS setelah lulus kuliah ?
Jawab :

a.   Orang yang “kaya” adalah orang yang dapat memberi kepada orang yang lebih membutuhkannya sekalipun dia sendiri sedang juga membutuhkannya.
Orang yang “miskin” adalah orang yang mampu dalam segala hal, tapi hanya untuk dirinya sendiri, apa yang dia miliki tidak berguna dan bermanfaat bagi orang lain.
Karena kaya dan miskin tidak hanya diukur dari uang atau ekonomi, tapi dari kekayaan hatinya.

b.      Orang yang baik bukanlah orang yang tak pernah salah, karena tidak ada makhluk Tuhan yang sempurna di dunia ini. Orang yang baik adalah orang yang dapat melakukan kebaikan baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain.

c.       Orang yang “beruntung” adalah orang yang tidak merasa rugi, orang yang selalu dapat bersyukur akan apa yang dimilikinya, orang yang selalu mendapatkan kebaikan, orang yang selalu mendapatkan apa yang diinginkan, orang yang tidak sial. Keberuntungan itu relative, tergantung bagaimana penilaian setiap orang.
Orang yang “merugi” adalah orang yang tidak dapat memanfaatkan waktunya dengan baik, yang tidak mensyukuri apa yang telah dimilikinya dan orang yang merasa dirinya selalu benar.

d.      Sukses adalah jika hidup kita dapat berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain. Sukses, bukan berarti memiliki semua yang kita inginkan. Tapi sukses yaitu saat kita dapat mengetahui tujuan dan makna hidup kita, menjalankannya dengan baik dan memberikan banyak kebahagiaan dan kebaikan bagi orang lain. Sukses itu di dunia dan di akhirat.


e.       Setelah lulus kuliah saya ingin menjadi seorang wirausaha. Karena saya ingin memiliki dan menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Di Indonesia jumlah lapangan pekerjaan lebih sedikit di banding orang – orang yang membutuhkan pekerjaannya. Saya ingin menggaji karyawan saya. Untuk membantu mengangkat ekonomi orang – orang yang tidak memiliki pekerjaan.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan SSH SG.GS dan SG.DO

Lipstik Wardah Warna Peach dalam Berbagai Pilihan

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (IMK)