SLIDE 2 : KOMPUTER
Komputer
Overview
Bagian
ini meninjau sistem komputer yang terdiri dari berbagai elemen.
Masing-masing elemen ini mempengaruhi interaksi dengan cara yang
berbeda :
• perangkat
input - input teks dan pointing
• perangkat
output - layar, audio
• masukan
kertas dan output
• memori
- RAM, media penyimpanan permanen
• pengolahan
- kecepatan pemrosesan, jaringan
Pengantar
Komputer
adalah partisipan dalam interaksi yang menjalankan program
- frase umum, meliputi banyak perangkat interaktif - lampu, mobil, dll
- kita akan membahas terutama komputer elektronik
Ada
dua bentuk yang berbeda secara fundamental dari interaksi
- Batch - biasanya ketika sejumlah besar data harus dibaca ke dalam mesin ; membutuhkan sedikit intervensi pengguna
- interaktif - ketika pengguna mengontrol hal-hal sepanjang waktu
Berkonsentrasi
pada penggunaan interaktif
Tipikal-tipikal
sistem komputer
- Layar , atau monitor , di mana ada
- Jendela - wilayah yang terpisah yang berperilaku independen
- Keyboard
- Mouse
Perangkat
ini menentukan gaya interaksi yang support dengan sistem
Jika
kita menggunakan perangkat yang berbeda, maka interface akan support
dengan gaya interaksi yang berbeda
Perangkat
Entri Teks
Keyboard
- Perangkat input yang umum
- Tata letak Standarisasi ( QWERTY ) ( walaupun tombol non- alfanumerik ditempatkan secara berbeda , dan ada perbedaan antara tugas utama di Inggris dan Amerika Serikat keyboard Pengaturan QWERTY tidak optimal untuk mengetik tata letak karena mesin ketik .
Desain
keyboard yang lain memungkinkan pengetikan lebih cepat tetapi besar
basis sosial dari juru ketik QWERTY menghasilkan keengganan untuk
berubah.
- Keypress menutup koneksi , menyebabkan kode karakter yang akan dikirim
- Biasanya dihubungkan dengan tali pusar
- Memungkinkan masuk cepat teks oleh pengguna berpengalaman
Keyboard
lain
Alfabetis
Keys
diatur dalam urutan abjad
- Tidak lebih cepat untuk juru ketik dilatih
- Tidak lebih cepat untuk pemula baik
Dvorak
- Surat umum di bawah jari-jari yang dominan
- Bias terhadap tangan kanan
- Kombinasi umum huruf bergantian antara tangan
- Peningkatan 10-15 % dalam kecepatan dan pengurangan kelelahan
- Tapi - basis sosial besar juru ketik QWERTY menghasilkan tekanan pasar tidak berubah
Chord
keyboard
- Hanya beberapa tombol - empat atau 5
- Surat diketik sebagai kombinasi tombol yang ditekan
- Ukuran yang cocok - ideal untuk aplikasi portabel
- Waktu singkat belajar - tombol yang ditekan mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan
- Cepat
- Tapi - resistensi sosial , ditambah kelelahan setelah digunakan diperpanjang
Perangkat Entri Teks Lain
Handwriting
recognition
Teks
tulisan tangan dapat menjadi masukan ke dalam komputer, menggunakan
pena dan tablet digitalisasi.
- Bentuk umum dari interaksi
- Bermasalah dalam menangkap semua informasi yang berguna - path stroke, tekanan, dll dengan cara alami
- Segmentasi bergabung menulis ke surat individu
- Menafsirkan surat individu
- Mengatasi gaya yang berbeda dari tulisan tangan
Handheld
yang dirilis sekarang menggabungkan teknologi pengenalan tulisan
tangan dan tanpa menggunakan keyboard
speech
recognition.
Menjanjikan
, tetapi hanya sukses dalam situasi terbatas single user , sistem
kosakata terbatas
masalah
dengan
- Suara eksternal campur
- Ketidaktepatan pengucapan
- Aksen dll
Positioning
dan Pointing Devices
mouse
Perangkat
penunjuk yang digenggam
- sangat umum
- mudah digunakan
dua
karakteristik
- Gerakan planar
- Tombol ( biasanya dari 1 sampai 3 tombol di atas , digunakan untuk membuat pilihan , menunjukkan pilihan, atau untuk memulai menggambar dll )
Mouse
yang terletak di desktop
- membutuhkan ruang fisik
- tangan tidak lelah
Gerakan
relatif hanya terdeteksi .
Gerakan
mouse bergerak layar kursor
Layar
berorientasi pada bidang ( x , y ) kursor ,
gerakan
mouse di bidang ( x , z ):
perangkat
manipulasi langsung .
Perangkat
itu sendiri tidak jelas layar , akurat dan cepat .
Dapat
menyebabkan masalah koordinasi tangan-mata karena indirectness
manipulasi .
Bagaimana
cara kerjanya ?
Dua
metode untuk mendeteksi gerakan mekanis
Ball
di bawah mouse ternyata mouse digerakkan
Memutar
potensiometer orthogonal
Dapat
digunakan pada hampir semua permukaan datar
Optical
light
emitting diode di bagian bawah mouse duduk
di gridlike pad khusus di meja ; kurang rentan terhadap debu
dan kotoran
mendeteksi
perubahan berfluktuasi dalam intensitas tercermin mouse
digerakkan diatas gridlines , digunakan untuk menghitung
gerak relatif dalam bidang ( x , z )
Juga
perangkat yang dikenal sebagai footmouse tersebut - yang dioperasikan dengan
kaki ; perangkat yang langka , tidak umum digunakan.
Perangkat Positioning Lainnya
Joystick
perangkat
tidak langsung
Membawa
ruang yang sangat sedikit
Dikendalikan
dengan baik
- Gerakan ( joystick absolut) - posisi joystick sesuai dengan posisi kursor
- Tekanan ( isometrik atau kecepatan dikendalikan joystick ) - tekanan pada tongkat sesuai dengan kecepatan kursor
Biasanya
dilengkapi dengan tombol ( baik di atas atau di bagian depan seperti
pemicu ) untuk seleksi Apakah
layar tidak jelas
Murah
( sering digunakan untuk game komputer , juga karena mereka lebih
akrab bagi pengguna )
trackball
Sedikit
seperti mouse terbalik . Bola diputar di dalam perumahan statis ,
gerakan relatif memindahkan kursor . Perangkat tidak langsung , cukup
akurat . Membutuhkan tombol untuk memilih . Ukuran dan " rasa "
dari trackball itu sendiri penting . Membutuhkan sedikit ruang ,
menjadi populer untuk komputer portabel dan notebook .
Layar
sentuh yang sensitif ( sentuh )
Mendeteksi
keberadaan jari atau stylus pada layar .
Bekerja
dengan mengganggu matriks berkas cahaya atau dengan perubahan
kapasitansi atau refleksi ultrasonik .
Perangkat
menunjuk langsung.
Keuntungan
: Cepat , dan tidak memerlukan pointer khusus . Baik untuk pemilihan
menu . Cocok untuk digunakan dalam lingkungan yang bermusuhan :
bersih dan aman dari kerusakan .
Kekurangan
: Finger dapat menandai layar . Tidak tepat ( jari adalah instrumen
yang cukup tumpul ! ) - Sulit untuk memilih daerah kecil atau
melakukan gambar akurat . Mengangkat lengan dapat melelahkan , dan
dapat membuat layar terlalu dekat agar mudah dilihat .
pena
cahaya
Kabel
digulung menghubungkan pena untuk c.r.t. Dalam operasi , pena
diadakan untuk layar dan mendeteksi meledak cahaya dari layar fosfor
selama layar scan.
perangkat
penunjuk langsung : akurat ( dapat mengatasi individu piksel ) ,
sehingga dapat digunakan untuk seleksi halus dan menggambar .
Masalah
: pen dapat mengaburkan tampilan , yang rapuh , dapat hilang pada
meja sibuk , melelahkan di lengan .
Keduanya
jauh lebih populer daripada mouse
Digitising
tablet
Perangkat
tidak langsung .
Tablet
resistif mendeteksi titik kontak antara 2 lembar terpisah : memiliki
kelebihan dalam hal ini dapat dioperasikan tanpa stylus khusus - pena
atau jari pengguna baik-baik saja .
Magnetic
tablet mendeteksi pulsa saat ini di medan magnet menggunakan
lingkaran kecil coil bertempat di pena khusus .
Juga
tablet kapasitif dan elektrostatik .
Sonic
tablet mirip dengan di atas , tetapi tidak memerlukan khusus
Permukaan
: pulsa ultrasonik yang dipancarkan oleh pena dideteksi oleh dua atau
lebih mikrofon yang kemudian melakukan pelacakan posisi pena . Dapat
disesuaikan untuk menyediakan 3 - d masukan .
Resolusi
tinggi , tersedia dalam berbagai ukuran dari A5 untuk 60X60 masuk
Sampling rate antara 50 dan 200 Hz . Dapat digunakan untuk mendeteksi
gerak relatif atau gerak absolut . Bisa juga digunakan untuk input
teks ( jika didukung oleh perangkat lunak pengenal karakter ) .
Membutuhkan sejumlah besar ruang meja , dan mungkin canggung untuk
digunakan jika tergeser oleh keyboard .
tombol
kursor
Empat
tombol ( atas, bawah , kiri, kanan ) pada keyboard . Sangat , sangat
murah , tetapi lambat . Berguna untuk tidak lebih dari gerakan dasar
untuk tugas-tugas text - editing . Tidak ada tata letak standar :
garis , persegi, " T " atau terbalik " T " , atau
bentuk berlian yang umum .
roda
Thumb
Dua
cepat orthogonal untuk mengontrol posisi kursor .
Murah
, tapi lambat .
Keymouse
Kunci
tunggal , bertindak seperti joystick isometrik . Kecil , kompak ,
tapi sangat sedikit umpan balik dan kehandalan yang tidak diketahui .
Dataglove
Lycra
sarung tangan dengan sensor serat optik . Mendeteksi sudut sendi dan
3 - d posisi tangan . Solusi mencari masalah - teknologi untuk
memanfaatkan kekuatan dari bentuk masukan benar belum ada .
Keuntungan:
mudah digunakan , berpotensi kuat dan ekspresif ( 10 sudut sendi + 3
- d informasi spasial , pada 50 Hz . . ) .
Kekurangan
: sulit untuk digunakan dengan keyboard , mahal ( ~ » k / sarung
tangan ) .
Potensi
: luas - pengakuan gerakan , interpretasi bahasa isyarat , dll
Eyegaze
Headset
mendeteksi gerakan mata pengguna untuk mengontrol kursor . Sangat
cepat dan akurat , juga mahal .
perangkat output
Satu
dominan - layar komputer , biasanya tabung sinar katoda
Tabung
sinar katoda
Aliran
elektron yang dipancarkan dari pistol elektron , difokuskan dan
diarahkan oleh medan magnet , memukul layar dilapisi fosfor yang
bersinar .
Tiga
jenis : raster scan, random , dan melihat langsung
raster
memindai
Paling
umum , seperti yang ditemukan di televisi .
Beam
dipindai kiri ke kanan , menyalakan kembali untuk menelusuri ulang ,
dari atas ke bawah , kemudian diulang . Diulang pada 30Hz per frame ,
terkadang lebih tinggi untuk mengurangi flicker . Interlacing ,
scanning garis aneh di seluruh layar kemudian bahkan garis , juga
digunakan untuk mengurangi flicker . Bisa juga menggunakan tinggi -
ketekunan fosfor untuk mengurangi flicker tetapi menyebabkan gambar
mengolesi terutama dengan animasi yang signifikan .
Resolusi
biasanya 512x512 , tapi layar berkualitas tinggi yang tersedia ( dan
menjadi lebih umum ) sampai dengan sekitar 1600x1200 piksel . Sun
workstation memiliki layar 1192x980 piksel dari .
Hitam
& putih layar dapat menampilkan grayscale dengan memvariasikan
intensitas berkas elektron .
Warna
ini dicapai dengan menggunakan tiga senjata elektron yang melanda
fosfor merah , hijau atau biru . Menggabungkan warna-warna ini dapat
menghasilkan banyak orang lain , termasuk putih ( semua on) . Titik
fosfor difokuskan menggunakan masker bayangan - membuat resolusi
layar warna yang lebih rendah daripada monokrom .
Pendekatan
Alternatif : penetrasi balok . Fosfor khusus bersinar warna yang
berbeda tergantung pada intensitas balok .
Warna
atau intensitas pada pixel yang dimiliki oleh kartu video komputer .
1 bit / pixel dapat menyimpan off / informasi , maka hanya hitam &
putih . Lebih bit / pixel menimbulkan kemungkinan warna yang lebih ,
misalnya . 8 bit / pixel menimbulkan 2 ^ 8 = 256 warna mungkin pada
satu waktu .
Acak
Pindai ( Sutradara -beam refresh, tampilan vektor )
Alih-alih
pemindaian seluruh layar secara berurutan dan horizontal , scan acak
menarik garis yang akan ditampilkan secara langsung . Update layar
pada > 30Hz untuk mengurangi flicker . Jaggies tidak ditemukan ,
dan resolusi yang lebih tinggi mungkin ( hingga 4096x4096 piksel ) .
Warna dicapai menggunakan penetrasi balok , umumnya kualitas yang
lebih miskin . Ketegangan mata dan kelelahan masih masalah, dan
vektor menampilkan lebih mahal .
Melihat
langsung tabung penyimpanan ( DVST )
Banyak
digunakan dalam osiloskop penyimpanan analog .
Mirip
dengan c.r.t. memindai acak tapi image dikelola oleh flood guns -
tidak ada flicker . Bisa bertahap diperbarui tapi tidak selektif
terhapus ; gambar harus digambar ulang pada layar benar-benar
terhapus . Resolusi tinggi ( 4096x3120 piksel biasanya ) , tapi
kontras rendah , kecerahan rendah dan kesulitan dalam menampilkan
warna .
Keuntungan
dari crt : murah, cukup cepat untuk animasi yang cepat , kemampuan
warna yang tinggi . Peningkatan resolusi menghasilkan harga yang
lebih tinggi .
Kekurangan
: besar - karena elektron senjata dan fokus komponen di belakang
layar . Masalah dengan " jaggies " , garis diagonal yang
memiliki diskontinuitas dalam karena proses scan raster horizontal.
Dikurangi
dengan menggunakan layar resolusi tinggi , atau dengan anti -
aliasing , yang melembutkan tepi segmen garis . Flicker , keterbacaan
miskin dan kontras rendah juga dapat menyebabkan kelelahan mata dan
kelelahan .
Kekhawatiran
mengenai emisi radiasi :
- Sinar - X : sebagian besar diserap oleh layar (tapi bukan di belakang )
- UV dan IR - radiasi dari fosfor : tingkat signifikan
- Emisi frekuensi radio , ditambah USG ( ~ 16kHz )
- Bidang elektrostatik - bocor keluar melalui tabung ke pengguna . Tergantung pada jarak dan kelembaban intensitas . Dapat menyebabkan ruam .
- Bidang elektromagnetik ( 50Hz - 0.5MHz ) . Buat arus induksi dalam bahan konduktif , termasuk tubuh manusia . Dua jenis efek dikaitkan dengan ini : sistem visual - tingginya insiden katarak pada operator VDU , dan keprihatinan atas gangguan reproduksi ( keguguran dan cacat lahir ) .
- Berhati-hati jika hamil .
Petunjuk
, menguntungkan untuk kesehatan Anda :
- Jangan duduk terlalu dekat dengan layar
- Tidak menggunakan font yang sangat kecil
- Tidak melihat layar untuk waktu yang lama tanpa istirahat
- Tidak menempatkan layar langsung di depan jendela cerah
- Bekerja di lingkungan yang cukup terang
Liquid
crystal display
Lebih
kecil , lebih ringan , tanpa masalah radiasi . Matrix beralamat .
Ditemukan pada portables dan notebook, dan mulai tampil lebih dan
lebih pada desktop .
Mirip
secara prinsip dengan yang ditemukan di jam digital . Lapisan tipis
kristal cair terjepit di antara 2 pelat kaca . Top piring transparan
dan terpolarisasi , pelat bawah mencerminkan . Cahaya eksternal
melewati pelat atas dan kristal , dan mencerminkan kembali ke mata .
Ketika tegangan yang diberikan ke kristal ( melalui pelat kaca
konduksi ) perubahan polarisasi , memutar cahaya yang masuk sehingga
tidak dapat mencerminkan kembali ke mata . LCD membutuhkan
menyegarkan dengan harga biasa, tapi respons yang lambat dari kristal
berarti flicker biasanya tidak terlihat . Warna mungkin.
Kurang
melelahkan daripada c.r.t. menampilkan , dan mengurangi mata
-regangan , karena sifat tercermin cahaya daripada yang dipancarkan .
Penggunaan kristal yang super -twisted telah meningkatkan sudut
pandang , dan tingkat respons yang meningkatkan sepanjang waktu (
diperlukan untuk pelacakan kursor akurat ) .
Devices Output
Alternatif
visual
- Representasi analog : cepat , alat pengukur , lampu , dll
- Head- up display - ditemukan di dalam pesawat terbang cockpits Auditory
- Beep , bong , clonks , peluit dan whirrs digunakan untuk indikasi kesalahan
- Konfirmasi tindakan mis keyclick
- Pidato : bukan daerah sepenuhnya dieksploitasi
Pencetakan
Teknologi
pencetakan populer membangun karakter pada halaman , seperti pada
layar , sebagai rangkaian titik-titik . Memungkinkan setiap set
karakter atau grafik yang akan dicetak , tergantung pada resolusi
dari titik-titik , diukur dalam dot per inch ( dpi ) .
- Printer dot -matrix
penggunaan
pita bertinta , dengan garis pin yang bisa menyerang pita , menghiasi
kertas . Khas resolusi 80-120 dpi .
Mungkin
memiliki banyak jalur secara paralel , membuat matriks pin
- ink- jet dan bubble - jet printer
gumpalan
kecil tinta dikirimkan dari kepala cetak ke kertas : ink- jet
menyemprotkan mereka , bubble - jet menggunakan panas untuk membuat
gelembung . Tenang . Biasanya hingga 300 dpi .
- printer thermal
menggunakan
kertas peka panas yang mengubah warna ketika dipanaskan . Kertas
dipanaskan oleh pin dimana sebuah titik diperlukan . Biasanya hanya
satu baris dari titik-titik yang dibuat per lulus . Kualitas buruk ,
tapi sederhana - mesin fax adalah contoh paling umum
- laser printer
seperti
mesin fotokopi ; titik-titik muatan elektrostatik disimpan drum ,
yang mengambil toner ( bentuk bubuk hitam tinta ) , berguling ke
kertas yang kemudian diperbaiki dengan panas . Biasanya 300dpi ,
tetapi tersedia hingga 1200dpi .
Font
Font
mengacu pada gaya tertentu dari teks .
Font
yang tipikal adalah
Courier
font
Helvetica
font
Palatino
font
Times
Roman font
Ukuran
font diukur dalam poin ( pt ) , sekitar 1/ 72 " , dan
berhubungan dengan tingginya .
Ini
adalah ukuran sepuluh Helvetica
Ini
adalah ukuran dua belas
Ini
adalah ukuran empat belas
Ini
adalah ukuran delapan belas
dan
ini adalah ukuran dua puluh empat
Font ( 2 )
Ada
karakteristik lain dari font selain dari ukuran mereka :
pitch
- fixed –pitch
dengan
masing-masing karakter memiliki lebar yang sama
misalnya
, Courier
- variabel pitch
ketika
beberapa karakter yang lebih luas daripada yang lain
misalnya
, Times Roman ( bandingkan 'i' dan ' m ' )
Serif
atau Sans - serif
- sans - serif
dengan
stroke persegi berakhir
misalnya
, Helvetica
- serif
dengan
ujung terentang
misalnya
, Times Roman atau Palatino
Bahasa Deskripsi
Halaman
Halaman
bisa sangat kompleks , dengan teks dalam font yang berbeda , bitmap ,
ilustrasi garis , foto digital , dll
Dapat
diproduksi dengan mengkonversi semua informasi ke dalam bitmap dan
mengirimkan ke printer , tapi ini sering merupakan file besar .
Atau
, keterangan lengkap halaman dapat dikirim , menentukan cara
menggambar grafis dan menulis teks dalam font yang diinginkan .
Pendekatan
ini menggunakan halaman deskripsi bahasa : bahasa pemrograman untuk
pencetakan . Berisi petunjuk untuk menggambar kurva , garis , teks
dalam gaya yang berbeda , scaling informasi dan sebagainya .
PostScript
adalah yang paling umum .
Scanner dan Optical
Character Recognition
Scanner
mengambil kertas dan mengubahnya menjadi bitmap
Dua
macam scanner
- flat-bed : kertas ditempatkan pada piring kaca , seluruh halaman dikonversi menjadi bitmap
- hand-held : scanner melewati kertas , digitalisasi jalur biasanya 3-4 "
Dapat
bekerja dalam warna : bersinar cahaya pada kertas dan mencatat
intensitas refleksi .
Resolusi
100-300 dpi , namun tersedia sampai 1500 dpi .
digunakan
- desktop publishing untuk menggabungkan foto dan gambar lainnya
- digunakan dalam penyimpanan dokumen dan sistem pengambilan , melakukan jauh dengan penyimpanan kertas
Optical
character recognition ( OCR ) mengkonversi bitmap kembali ke teks
- font yang berbeda menciptakan masalah bagi sederhana " template matching " algoritma
- segmen sistem yang lebih kompleks teks , menguraikannya menjadi garis dan busur , dan menguraikan karakter
MEMORY
- Random access memory ( RAM )
100
nano -detik waktu akses , biasanya mudah menguap ( kehilangan
informasi jika daya dimatikan ) . Data ditransfer pada sekitar 10
Mbytes / detik .
Beberapa
RAM non -volatile yang digunakan untuk menyimpan informasi set -up
dasar .
Komputer
desktop khas memiliki antara 1/2 dan 8 Mbytes RAM
- Memori jangka panjang - biasanya disk
- Magnetik - floppy disk menyimpan antara 300kbytes dan 1.4 Mbytes , hard disk antara 20 Mbytes dan 5 Gbytes . Waktu akses ~ 10 ms , 100kbytes transfer rate / s
- Optik - menggunakan laser untuk membaca dan kadang-kadang menulis . Lebih kuat bahwa media magnetik
- CD - ROM - read-only , teknologi yang sama dengan home audio , kapasitas banyak Gbytes
- WORM - menulis sekali membaca banyak - baik untuk backup
- Kapasitas penyimpanan tetapi telah mengurangi disk sepenuhnya ditulis ulang
Program
saat ini relatif besar , sering melebihi ukuran RAM ; juga , sistem
jendela dapat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan .
Mempengaruhi interaksi karena data harus ditukar masuk dan keluar
dari RAM dari hard disk, menyebabkan penundaan nyata
Format Penyimpanan
- ASCII - 7 - bit kode biner unik ditugaskan untuk setiap huruf dan karakter
- RTF ( rich text format ) - berisi teks ditambah format dan informasi tata letak
- SML ( standar bahasa markup ) - dokumen dianggap sebagai objek terstruktur ( bagian , paragraf , kalimat , dll ) ; ini dijelaskan oleh SML
- Berbagai format penyimpanan untuk bitmap dan gambar ( PostScript , GIFF , TIFF , PICT , dll ) , ditambah teknik kompresi yang berbeda untuk mengurangi kebutuhan penyimpanan mereka
- QuickTime - kompresi dan citra format standar untuk video dan gambar diam , untuk Apple Macintosh .
Kecepatan
processor
Desainer
cenderung menganggap prosesor jauh cepat , dan membuat antarmuka
lebih dan lebih rumit
Namun
masalah terjadi , karena pengolahan tidak bisa bersaing dengan semua
tugas yang perlu dilakukan
- overshooting karena sistem telah buffered tombol yang ditekan
- icon perang - pengguna mengklik pada icon , tidak ada yang terjadi , klik pada yang lain , maka sistem merespon dan jendela terbang di mana-mana
Juga
masalah jika sistem terlalu cepat - misalnya Layar bantuan dapat
menggulir melalui teks terlalu cepat untuk dibaca
Batas
Kinerja Interaktif
perhitungan
terikat
Perhitungan
mengambil usia , menyebabkan frustrasi bagi pengguna
Channel
Storage terikat
Bottleneck
dalam pemindahan data dari disk ke memori
Graphics
terikat
Bottleneck
umum : memperbarui menampilkan membutuhkan banyak usaha -
kadang-kadang membantu dengan menambahkan grafis co - processor
dioptimalkan untuk mengambil beban
kapasitas
jaringan
Banyak
jaringan komputer - sumber daya bersama dan file , akses ke printer,
dll - tetapi kinerja interaktif dapat dikurangi dengan kecepatan
jaringan yang lambat
Comments
Post a Comment